Memulai Kebiasaan Baik lewat Meditasi Kreatif

Apakah meditasi kreatif menurut Mamos? Mungkin sebagian dari kita kalau mendengar kata meditasi langsung terpikir semadi atau bertapa di gua.Terbayang di pikiran adalah orang tua duduk bersila, menanti wangsit. Kini istilah semadi atau meditasi lebih luas artinya.  Kita bisa melakukan latihan olah rasa dan pikiran ini di mana saja, tetapi pastikan suasananya tetap tenang  dan nyaman, ya.

Tujuan meditasi adalah latihan menciptakan ketenangan pikiran dan tubuh. Belakangan semakin sering muncul edukasi tentang melatih mindfulness atau kesadaran.  Meditasi mindfulness adalah praktik untuk benar-benar sadar pada saat kini.  Melansir dari cnnindonesia.com, berdasarkan hasil penelitian Universitas Harvard, meditasi mindfulness sama efektifnya dengan pengobatan depresi dan stress.  Selain itu, meditasi pun bisa membantu kita untuk meningkatkan kreativitas.

Sebagai ibu tunggal, tentu tak jarang kita mendapati diri dalam keadaan stres atau lelah setelah berkutat seharian dengan segudang rutinitas. Ternyata, meditasi beberapa menit saja bisa membantu kita mengistirahatkan otak sejenak, menyegarkan diri dan meningkatkan konsentrasi kembali.  Menurut beberapa penelitian, meditasi memperkuat kontrol kognitif otak sehingga kemampuan kita untuk berkonsentrasi akan meningkat, karena meditasi menenangkan fungsi otak lainnya.

Memulai Kebiasaan Baik lewat Meditasi Kreatif

Ada banyak cara untuk bermeditasi. Untuk memulainya, kita bisa mencoba meditasi pernapasan. Mulailah dengan latihan bernapas 10 atau 15 menit per hari. Duduk tenang dan atur napas dengan teknik pernapasan seperti teknik box breathing atau yang sering disebut latihan pernapasan 4-4-4-4. Cara meditasi lainnya adalah meditasi kreatif melalui mindful drawing atau mindful writing.

Meditasi kreatif lewat coretan dan tulisan memberikan respons yang sama seperti meditasi pernapasan, yaitu sama-sama cara yang baik untuk melatih kesadaran saat kini.  Lewat coretan dan tulisan, kita mendapatkan perspektif baru dalam melihat kehidupan. Kita belajar menerjemahkan sendiri apa yang terjadi di ‘dunia’ kita dan mengevaluasi kehidupan lewat coretan selama melakukan meditasi kreatif.

Membangun dan melatih kebiasaan baik itu lebih penting dibanding sekadar fokus pada hasil akhirnya saja.  Latihan meditasi kreatif adalah sebuah proses yang bisa dipelajari dan dikembangkan oleh setiap orang.  Tidak perlu keterampilan khusus atau mempunyai jiwa seni, cukup dimulai dari rasa keingintahuan.  Rasa ingin tahu membuat pikiran kita tetap aktif, yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan fungsi otak yang kian menurun seiring bertambahnya usia.

Meditasi kreatif menjadi salah satu cara menenangkan dan menyenangkan untuk menjaga kesehatan mental kita.   Dalam riset penelitian, latihan meditasi kreatif lewat coretan dan tulisan terbukti mengurangi kecemasan, depresi, dan stres serta membantu memproses trauma, saya sendiri merasakan manfaatnya ketika mulai rutin melakukannya. Kebiasaan baik melakukan meditasi kreatif juga sangat membantu saya dalam mengelola emosi.

Seperti menjaga kesehatan fisik,  kesehatan mental pun penting agar bisa kita berfungsi dengan baik secara individu dan sosial.  Kita harus melatihnya secara rutin sehingga menjadi sebuah kebiasaan baik yang muncul dengan sendirinya, tanpa paksaan.

Memulai Kebiasaan Baik lewat Meditasi Kreatif

Nah, kini saatnya Mamos memulai kebiasaan baik lewat meditasi kreatif. Salah satu meditasi kreatif yang sering saya lakukan adalah scribble atau corat-coret.  Scribble adalah coretan asal-asalan. Walau awalnya terlihat seperti ‘cakar ayam’ atau tidak berbentuk, tetapi proses corat-coret ini dapat memberikan efek menenangkan dan berfungsi sebagai media pelepasan emosi yang positif, sehingga dapat meningkatkan hormon bahagia.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan meditasi kreatif scribble:

  • Cari waktu dan ruangan yang nyaman agar bisa fokus relaksasi

Ruangan yang jauh dari bising pastinya dapat membantu kita untuk lebih fokus.

  • Lakukan latihan pernapasan

Mamos bisa memulai dengan box breathing dengan hitungan 4-4-4-4.  Fokus pada ritme pernapasan dan perhatian pikiran ke masa kini, jangan hanyut dalam pikiran masa lalu atau masa depan. Cukup lakukan selama 2-3 menit, sambil mendengarkan lagu instrumental yang menenangkan.

  • Mari mulai scribble (Corat-coret)

Ambil selembar kertas dan pensil. Tutup mata dan mulailah menggambar dengan bebas dan spontan selama 20 detik.  Buka mata lalu lihatlah hasil coretanmu.  Dengan menggunakan pensil warna atau krayon, isilah coretan dengan warna dan bentuk. Temukan bentuk-bentuk favorit atau bentuk gambar baru.  Saatnya bereksplorasi dengan hasil coretan Mamos.  Tak perlu khawatir akan hasilnya akan bagus atau tidak.  Fokus pada proses relaksasi selama mencoret-coret. Ekspresikan diri Mamos lewat bentuk dan warna.

  • Alat yang harus disiapkan: Kertas atau buku gamba rdan alat mewarnai seperti pensil warna / spidol / krayon / cat air

Scribbling atau mencoret-coret mengajak kita untuk merasakan dan mengekspresikan diri tanpa harus berpikir terlalu banyak sehingga menjadi cara yang bagus untuk melepaskan beberapa emosi negatif atau sekadar relaksasi.

Selamat memulai kebiasaan baik lewat meditasi kreatif, Mamos!

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *